Tetap Sehat agar Bisa Maksimal Beribadah Puasa

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q.S Al-Baqarah: 183)

Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam. Selain dari mendapatkan pahala jika menjalankannya, banyak juga manfaat secara kesehatan yang didapatkan. Tapi, untuk menjalankan puasa dengan maksimal penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap sehat agar bisa beribadah secara optimal:

Pilih makanan yang sehat dan halal saat berbuka dan sahur.

Usahakan untuk sahur untuk menjaga stamina tubuh. Tetap mengkonsumsi serat dari sayur dan buah sangat penting saat puasa apalagi jika dikonsumsi saat sahur bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Batasi konsumsi gula, lemak dan garam. Sediakan makanan secukupnya agar tidak menjadi food waste. Jika bisa hindari minuman manis saat sahur karena menyebabkan gula darah naik dan turun lebih ceopat, ini bisa mmebuat kamu lebih cepat lemas.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Cara mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa adalah 1 gelas saat bangun sahur, 1 gelas saat setelah sahur, 1 gelas sebelum imsak, 1 gelas saat buka puasa, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas sebelum tarawih, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas ebelum tidur. Kamu juga bisa memperbanyak memakan buah yang mengandung air lebih banyak untuk memenuhi asupan cairan.

Tetap Aktif

Walaupun sedang berpuasa tapi bukan berarti kamu hanya tidur-tiduran di kasur saja. Lakukanlah olahraga ringan agar tetap bugar, tidak mudah lelah saat beraktivitas. Kamu bisa olahraga ringan dengan memperhatikan durasi latihan, waktu latihan (setelah sahur atau setelah berbuka), jenis olahraga. Jalan-jalan keluar sebentar sehabis sahur sambil mencari matahari juga baik bagi tubuh kamu.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk pulih dan memperbarui energi yang diperlukan untuk menjalankan ibadah dengan baik.

Semoga sedikit tips diatas dapat membantu kamu menjalankan ibadah puasa dengan baik di tahun ini. Selamat berpuasa!

Dim, Maret 2024

Tinggalkan komentar